4 Hal Ini Sangat Penting Sebelum Kapal Berlayar

Transportasi umum adalah salah satu transportasi yang cukup digemari oleh masyarakat Indonesia. Mobil untuk jalur udara, kapal untuk jalur laut, dan pesawat untuk jalur udara. Cruise Ship Indonesia atau kapal yang digunakan untuk mengangkut orang sebagai transportsi umum memiliki prosedur sendiri agar standar keselamatan dapat terpenuhi dan penumpang dapat melakukan perjalanan dengan aman dan nyaman. Karena ini adalah transportasi umum, para penumpang tidak mengenal siapa pengendara atau nahkoda kapal tersebut, maka dari itu orang yang bertugas di dalam kapal harus memiliki pelatihan dan sertifikasi khusus perkapalan atau pelayaran.


Lalu apa saja prosedur yang dilakukan oleh para awak kapal sebelum kapal tersebut berlayar?

1.       Mengatur kapasitas

Tiap kapal memiliki kapasitas yang berbeda dalam menampung jumlah muatan. Maka dari itu tidak hanya orang saja yang perlu diperhitungkan akan tetapi juga barang. Pasalnya tiap orang membawa jumlah barang yang berbeda dan memiliki berat yang berbeda pula.

2.      Alat keamanan

Selain kapasitas para awak kapal juga perlu menyiapkan alat alat penunjang keamanan seprti jaket pelampung, kapal sekoci dan lain sebagainya. Walaupun tidak ada yang menginginkan untuk memakai peralatan tersebut, para awak kapal tetap harus mempersiapkan kemungkinan terburuk.

3.      Tiket dan peraturan

Double check tiket sangat penting, karena ada saja penumpang illegal yang berusaha untuk naik ke kapal dengan tidak resmi. Selain itu penumpang juga harus taat pada peraturan yang sudah diberikan oleh petugas kapal, karena mereka berpengalaman dan mengerti tentang seluk beluk perjalanan menggunakan kapal.

4.      Pertimbangan cuaca

Kondisi cuaca sangat krusial dalam perjalan menggunakan kapal. Nahkoda harus handal dalam memprediksi cuaca dan mengambil keputusan. Apabila cuaca buruk para awak kapal dan nahkoda harus bersedia menunda perjalanan demi keselamatan penumpang.

Selain untuk mengangkut penumpang kapal juga dapat digunakan sebagai pengiriman barang. Ship management dalam pengangkutan barang memiliki standard dan prosedur yang berbeda, maka dari itu orang yang bertugas pada kapal yang digunakan untuk mengankut penumpang, dengan kapal yang bertugas untuk mengankut barang juga memiliki spesialisasi yang berbeda.   

Post a Comment

0 Comments