Mengulas Tentang RSUP Dr. Sardjito, Layanan Unggulan dan Penunjangnya


RSUP Dr. Sardjito dicetuskan oleh Prof. Dr. Sardjito pada tahun 1954 dan diperlukan untuk memenuhi pemenuhan layanan kesehatan di Provinsi Yogyakarta. RSUP lalu didirikan pada 13 Juni 1974 menjadi rumah sakit tipe B oleh Departemen Kesehatan dan memiliki tugas utama untuk memberikan pelayanan dan melaksanakan sistem rujukan bagi pasien yang tinggal di DIY dan Jawa Tengah sebelah selatan dan mendukung kepentingan pendidikan Universitas Gajahmada Yogyakarta. RSUP sebagai rumah sakit rujukan dalam pelayanan medis serta non medis didukung dengan penanganan medis dalam memberikan layanan prima. RSUP sebagai rumah sakit swadana dan PNBP dan berstatus perusahaan jawatan atau perjan.


Pada tahun 2004 sebagai rumah sakit umum tipe A sebagai rujukan di Provinsi Yogyakarta dan Jawa Tengah dan menjadi badan layanan umum. Visi RSUP merupakan rumah sakit yang menjadi rujukan nasional berstandar internasional di tahun 2019. Misi RSUP adalah pemberian layanan kesehatan rpima, standar internasional dan terjangkau dari layanan masyarakat dengan pembinaan profesional dan akuntanbilitas, melaksanakan pelatihan dan pendidikan di bidang kesehatan dengan sumberdaya manusia berkualitas, menyelenggarakan pengembangan dan penelitian IPTEKDOKKES dengan wawasan global serta peningkatan kesejahteraan karyawan.

Berikut adalah layanan unggulan RSUP:

  • Instalasi rawat jantung untuk melakukan pemeriksaan, pencegahan dan perawatan hingga tindakanmedik untuk memberikan perawatan rehabilitatif, fasilitas yang diberikan seperti treadmill test, holter monitor, klinik perjanjian, pacu jantung secara permanen dan temporer, rehabilitasi jantung dan penyluhan, katerisasi jantung, echocardiografi, perawatan untuk bedah jantung anak dan orang dewasa, jantung koroner intensif dan non koroner anak dan dewasa.
  • Home care untuk melakukan pemeriksaan dokter yang memudahkan pasien dan keluarga untuk keluar rumah dengan sehat, penanganan pasien demensia melalui pengawasan rutin oleh tenaga kesehatan dan bantuan keluarga, pelayanan fisioterapi yang diberikan dalam memperlancar pelemasan otot dan peredarah darah dan perawatan bayi di rumah.

Selain itu, terdapat layanan unggulan kanker sebagai penyakit tidak menular dan meningkatkan tingkat kesejahteraan hidup dan angka harapan hidup seseorang. Visi layanan untuk menjadi pusat layanan kanker multidisiplin, integrasi dan bertaraf internasional dengan nilai utama integritas, kolaborasi dan kasih sayang. Produk layanan unggul dengan tumor boards meeting, oncology diagnostics, poliklinik konsultasi multidisiplin, radioterapi one day care, kemoterapi dan transfusi darah. Fasilitas peralatan poliklinik 21 kamar, apotek satelit, ruang cancer registry dan clinical trials, ruang oncology board meeting dan handling sitostatika.

Berikut adalah layanan penunjang diantaranya:

  • Instalasi kedokteran forensik untuk kegiatan rukti jenazah, transportasi jenazah, pemeriksaan barang bukti medik dan membuat visum, pengawetan jenazah dan toksikologi.
  • Instalasi farmasi dengan pelayanan obat serta alat kesehatan, pelayanan IV ad mixture, pelayanan obat herbal, repacking sediaan steril maupun non steril, visite pasien rawat inap pada bangsal penyakit dengan tenaga kesehatan.
  • Instalasi patologi anatomi dengan pemeriksaan imunohistokimia, pap smear, potong beku, frozen section, jaringan rutin, citologi cairan dan jaringan rutin.
  • Instalasi laboratorium klinik yang meliputi onkologi, kardiovaskuler, nefrologi, hematologi klinik dan manajemen laboratorium.

RSUP Dr. Sardjito menyediakan layanan instalasi rawat inap I yang memberikan pelayanan penyakit mata, traumatologi, bedah onkologi, bedah orthopaedi, bedah urologi dan kebidanan untuk penyakit kandungan. Intermediates care dengan pelayanan rawat inap antara dan observasi yang memberikan penanganan sebelum pelayanan rawat inap dengan perawatan 3x24 jam. Instalasi kesehatan anak dengan pelayanan unggulan tumbuh kembang anak dan remaja serta pusat leukimia anak.

Post a Comment

0 Comments