Sasar Generasi Milenial, Gaikindo Optimistis Penjualan Mobil Masih Tinggi

Sekretaris Jenderal Kombinasi Agen Tunggal Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Kokoh Kumara menyebutkan jika tren pemilikan kendaraan bermotor buat milenial masih lumayan tinggi. Ini, bersamaan dengan perkembangan ekonomi yang alami penambahan.



"Mereka (milenial) akan perlu kendaraan, Baik untuk kepentingan pribadi, tetapi makin banyak untuk kepentingan komersial," katanya di Gedung Bursa Dampak Indonesia, Jakarta, Rabu (4/12).

Kokoh menjelaskan, industri otomotif terkait erat dengan perkembangan ekonomi. Dengan perkembangan ekonomi dalam negeri yang ada di seputar 5 %, karena itu penjualan produk akan dapat tumbuh. Ditambah lagi sepanjang 10 tahun paling akhir, jumlahnya penjualan kendaraan bermotor terutamanya mobil terus bertambah.

"Meskipun di tahun ini industri otomotif alami penurunan sampai 7 %. Tetapi ini siklus 5 tahunan tiap terdapatnya pemilu," kata Kokoh.

Berdasar data Gaikindo, produksi mobil semenjak Januari sampai Oktober 2019 produksi mobil alami penurunan 5 % jadi 1,07 juta unit dengan tahunan. Produksi yang alami penurunan itu searah dengan keinginan pasar yang alami penurunan sebesar 12 % jadi 849.609 unit semenjak Januari sampai Oktober dengan tahunan.

Walau produksi serta keinginan pasar alami penurunan, export mobil malah bertambah pada 2019. Contohnya, untuk pasar export mobil jadi (CBU) bertambah sekitar 29 % dengan year on year dibanding pada 2018, jadi 275.364 unit semenjak Januari sampai Oktober. Sedang export mobil terurai atau completely knock down (CKD) naik 483 % jadi 397.885 unit.

Post a Comment

0 Comments